Rabu, 11 Maret 2009

3 Cara Merawat Taman


TAMAN akan selalu indah jika dirawat. Tanpa perawatan berkala, niscaya taman yang dulunya indah akan terus indah. Apakah kita harus setiap hari merawat taman? Bisa iya, bisa tidak. Semua itu terpulang pada kondisi taman milik Anda. Berikut ini tiga trik yang dapat Anda terapkan:

1. Pada musim kemarau, siram tanaman dua kali sehari pada pagi dan sore.

Tanaman "meminum" banyak air pada sore hingga pagi hari. Selain itu, hindari menyiram tanaman pada siang bolong di bawah terik matahari. Butir-butir air yang menempel pada permukaan seperti kaca cembung, jika disinari matahari, dapat membuat permukaan beberapa jenis daun gosong. Pada musim hujan, siram tanaman hanya jika tanah mulai terlihat mengering.

2. Pangkas daun kering atau daun yang dimakan serangga.

Daun kering atau daun yang bergerigi karena dimakan serangga dapat mengurangi keindahan taman. Daun busuk dapat menjadi sarang serangga pengganggu. Namun, jika ada lahan terbuka, benamkan daun-daun tadi di dalam tanah. Kompos akan tercipta, dan kesuburan tanah meningkat.

3. Lakukan pemupukan.

Cara yang terbaik adalah menambahkan kompos. Sebelumnya, cangkul dan gemburkan permukaan tanah. Selama proses itu, tambahkan kompos ke dalamnya. Pupuk kimia dapat saja ditambahkan, dengan catatan tanah dan tanaman sangat membutuhkannya. Sekadar untuk memperoleh daun yang hijau dan rimbun, tambahkan urea. Pada tanaman buah dan bunga, tambahkan pupuk NPK. Penggunaannya pun harus sesuai takaran. Dosis yang berlebih justru dapat membunuh tanaman.(kompas/idea)


tribunbatam.co.id
selasa 10 maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar